Badan Litbang ESDM Menerima Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017

Diposting : Senin, 22 Mei 2017 14:25  


Puncak acara penganugerahan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 diserahkan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur dalam acara penutupan Gelar Pameran dan Simposium Pelayanan Publik Jawa Timur 201di Gelora Joko Samudro, Gresik Jawa Timur (20/05).

 

Kementerian ESDM pada tahun ini mendapatkan 3 penghargaan inovasi pelayanan publik dengan judul inovasi yaitu "Hemat 60% Biaya Energi Dengan Alat Pembuat Gas Batubara Bersih di Industri Kecil" dari Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara, "MAGMA (Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment)" dari Badan Geologi dan "SINERGI Desa (Sistem Informasi Energi Desa)" dari Direktorat Jenderal EBTKE.

 

"Dari tahun ke tahun, antusiasme setiap instansi dalam kompetisi inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan Kementerian PANRB yang sudah tahun ke-4 tersebut cukup besar. Pada tahun ini tercatat inovasi yang didaftarkan pada Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik sebanyak 3.054 inovasi yang berasal dari instansi daerah Provinsi, Kabupaten, Kota, Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD" kata Menteri PAN-RB.

 

Kebijakan inovasi pelayanan publik merupakan bagian dari kebijakan pelayanan publik yang merupakan subsistem dari kerangka besar reformasi birokrasi. Menteri Asman menjelaskan bahwa inovasi pelayanan publik merupakan upaya terobosan dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu, kompetisi inovasi pelayanan publik bukan hanya merupakan bagian dari strategi memunculkan inovasi yang unggul dan terukur dengan menggunakan standar dan proses penilaian yang akuntabel.

 

"Kita yakin inovasi terbaik yang dihasilkan ini dapat di-replikasi  oleh unit atau instansi lain dalam upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik seperti yang kita saksikan pada hari ini. Rakyat merindukan pelayanan publik yang bagus. Sekarang pemerintah sedang gencar menerapkan pemerintahan yang berbasiskan elektronik. " lanjutnya.

 

Untuk diketahui, Kabupaten Gresik menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pameran dan Simposium Pelayanan Publik selama 3 hari dari tanggal 18 sampai 20 Mei 2017 yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi bekerjasama dengan Pemprov Jatim dan Pemkab Gresik.

 

Gelar Pameran dan Simposium Pelayanan Publik Jawa Timur 2017 ini menampilkan 152 stan pameran yang diikuti oleh 95 instansi, adapun jenis-jenis pelayanan publik yang ditampilkan antara lain pelayanan rumah sakit, pelayanan PDAM, pelayanan penanaman modal dan perizinan terpadu, pelayanan SAMSAT, pelayanan pendidikan, dan lain-lain.

 

Badan Litbang melalui Puslitbang Tekmira telah berhasil mengembangkan inovasi teknologi yang mampu menghemat 60 persen biaya energi dengan alat pembuat gas batubara bersih di industri kecil menengah. Teknologi ini merupakan reaktor gasifier tipe up draft dengan diameter 25 cm tinggi 60 cm dengan kapasitas 2-5 kg/jam batubara. Produk yang dihasilkan berupa bahan bakar gas (CO, H2, dan CH4) yang dialirkan melalui pipanisasi ke dapur/burner IKM. Reaktor ini mengubah batubara menjadi bahan bakar gas, melalui proses gasifikasi dengan pereaksi udara terbatas dan uap air.

 

Selain memperoleh Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017, teknologi Gasmin juga telah mendapat pengakuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai 20 penelitian terbaik tahun 2016 dan dipublikasikan dalam buku Sumber Inspirasi Indonesia: 20 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa. (TP)

Foto bersama Kepala Badan Litbang ESDM dengan para penerima penghargaan inovasi pelayanan publik di Kementerian ESDM