Kementerian ESDM Raih PNBP Awards 2016 Kategori Kontribusi PNBP Terbesar

Diposting : Selasa, 06 Desember 2016 16:05  


JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meraih PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) Awards 2016 untuk kategori Kementerian/Lembaga dengan PNBP Terbesar. Penghargaan diberikan Wakil Menteri Keuangan Mardismo kepada Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara, Jonson Pakpahan mewakili Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM. Hadir dalam penganugerahan PNBP Awards 2016 tersebut, pejabat dari Kementerian/Lembaga, BUMN, Kepala SKK Migas selaku Mitra Instansi Pengelola PNBP dan para wajib Bayar PNBP. Selasa (6/12).

Pemberian PNBP Award merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi Kementerian dan Lembaga dalam mengoptimalkan pendapatan Negara. Pemberian PNBP Awards 2016 diharapkan dapat memberikan motivasi kepada Kementerian/Lembaga dan para stakeholder PNBP untuk dapat lebih meningkatkan kualitas pengelolaan PNBP agar lebih profesional, transparan dan akuntabel sehingga dapat lebih mengoptimalkan pendapatan negara.

Kategori penghargaan yang diberikan yaitu, kategori Kementerian/Lembaga Pengelola PNBP Terbaik, Kementerian/Lembaga dengan kontribusi PNBP terbesar, kategori BUMN dengan kontribusi PNBP terbesar, Wajib Bayar PNBP dengan kontribusi PNBP terbesar, Mitra Pengelola PNBP terbaik, dan terakhir kategori Bank/Pos Persepsi yang berperan aktif dalam implementasi Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI).

Pemberian penghargaan kepada Kementerian/Lembaga Pengelola PNBP Terbaik didasarkan atas beberapa kriteria yaitu, adanya kelengkapan dasar hukum pemungutan, opini BPK atas Laporan Keuangan K/L kurun waktu 3 tahun terakhir, ada/tidaknya temuan BPK dalam pengelolaan PNBP, tingkat kepatuhan penyampaian laporan dan penyampaian data rencana PNBP dan deviasi antara target dan realisasi PNBP.

Bersama Kementerian ESDM, terdapat 12 kementerian lain yang memperoleh penghargaan untuk kategori Kementerian/ Lembaga dengan PNBP Terbesar, yakni Kementerian Agama, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Keuangan,Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perhubungan, Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kementerian Hukum dan HAM, Kemenristekdikti, Kementerian Agraria dan Pertanahan Nasional, Kementerian Kesehatan, Kemenakertrans, dan Kementerian Luar Negeri.

PNBP Awards dengan kategori Kementerian/ Lembaga Pengelola PNBP terbaik diberikan kepada Kementerian Perindustrian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan dan Kementerian Perhubungan. Untuk kategori Bank atau Pos persepsi yang berperan aktif dalam implementasi sistem informasi PNBP Online (SIMPONI) Kategori Bank atau Pos persepsi yang berperan aktif dalam implementasi sistem informasi PNBP Online (SIMPONI) diterima oleh Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Pos Indonesia. Selanjutnya untuk kategori BUMN dan wajib bayar dengan kontribusi PNBP terbesar adalah PT Pertamina dan PT Kaltim Prima Coal. Dan untuk kategori Mitra instansi pengelola PNBP terbaik ditempati SKK Migas.

PNBP bersama Penerimaan Pajak merupakan pilar utama penerimaan negara yang menopang APBN. Dalam satu dekade ini kontribusi PNBP rata-rata mencapai 29% (dua puluh sembilan persen) dari total pendapatan negara. Realisasi PNBP Tahun 2014 hasil audit BPK (audited) mencapai Rp398,4 Triliun atau meningkat hampir 3 kali lipat dibanding realisasi pada Tahun 2005 sebesar Rp146,9 Triliun. (SF)