Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Banten ke Sentra Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral Cipatat Kabupaten Bandung Barat

Diposting : Senin, 29 Mei 2017 19:25  


Puslitbang tekMIRA menerima kunjungan Komisi IV dan Kesekretariatan dewan, DPRD Provinsi Banten pada Senin (29/5) di Sentra Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral, Desa Citatah, Kec. Cipatat Kab. Bandung Barat .  

 

Salah satu agenda kunjungan para anggota Komisi IV tersebut ke sentra percontohan dalam rangka konsultasi mengenai pengelolaan dan pemanfaatan mineral di Puslitbang tekMIRA.

 

Sekretaris Komisi 4, DPRD Provinsi Banten, Najib Hamas dalam sambutannya menyampaikan,” Komisi IV, DPRD Provinsi Banten, ingin memberikan dukungan terhadap kebijakan dan teknologi pengolahan dan pemanfaatan mineral yang sedang dikembangkan oleh tekMIRA.“

 

Hal ini pun akan menjadi bahan masukan bagi Gubernur Provinsi Banten terpilih, Dr. H. Wahidin Halim, M.Si., dan H. Andika Hazrumy, S.Sos., M.A.P., tentang seberapa besar potensi mineral atau bahan galian lainnya yang dimiliki oleh Provinsi Banten berdasarkan data yang disampaikan oleh salah satu peneliti Puslitbang tekMIRA yang sekaligus merupakan Koordinator Pelaksana Litbang Mineral, Ir. Nuryadi Saleh.

 

“Potensi  mineral di daerah Provinsi Banten, seperti Cilegon, Bayah, Pandeglang, Malingping, dll., sangat besar dan diharapkan dapat dinikmati oleh masyarakat Banten,” tandasnya. Ia juga menambahkan, “Mineral yang terdapat di daerah Banten di antaranya pasir kuarsa, mangan, emas, zeolit, dan batubara.”

 

Oleh karena itu, pihak Komisi IV meminta tekMIRA mensosialisasikan kebijakan-kebijakan yang telah dibuat terkait dengan pemanfaatan mineral di daerah Banten agar dapat dimanfaatkan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

 

Ada beberapa permasalahan yang sedang dihadapi oleh pemerintahan Provinsi Banten, salah satunya limbah batubara sebagai bahan bakar mesin industri dari pabrik-pabrik yang ada di daerah Banten. Limbah tersebut sebetulnya dapat diolah dengan menggunakan RDS (Rotary Drum Scrubber), salah satu teknologi yang telah dikembangkan oleh tekMIRA sehingga limbah tersebut tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

 

Kunjungan kerja anggota DPRD Provinsi Banten ini diakhiri dengan mengunjungi sentra percontohan zeolit. (HFF)