Pelayanan Publik Harus Jadi Spirit Utama

Diposting : Senin, 24 Oktober 2016 14:30  


JAKARTA - Seminggu setelah menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengingatkan kepada seluruh pegawai Kementerian ESDM untuk tetap menjaga spirit pelayanan publik. Demikian disampaikan langsung oleh Jonan saat pengenalan dengan seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM.

 

“Makin lama makin hilang itu adalah semangat pelayanan publik,” ungkap Jonan saat memberikan arahan di depan pegawai, Senin (24/10). Menurutnya, peningkatan pelayanan publik harus dikedepankan demi mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah.

 

Lebih lanjut, Jonan juga menambahkan bahwa sikap disiplin penting dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar memperbaiki kualitas kerja. “Kerja saja yang baik. Ya disiplin ajalah,” pesannya.

 

Ia kembali mengungkapkan bagaimana proses perjalanan kariernya membenahi sektor-sektor Pemerintahan mulai dari kereta api hingga perhubungan. Jonan berjanji selama menjabat posisi Menteri ESDM, ia akan menilai kinerja ASN di lingkungan ESDM secara obyektif. “Di dalam pembinaan personil. Saya lebih cenderung mengurangi subyektivitas,” imbuhnya.

 

Di akhir pengujung arahannya, Jonan tak lupa mempersilahkan pimpinan tinggi untuk berkunjung ke ruang kerja beliau dan melakukan diskusi terkait pembenahan sektor ESDM bila diperlukan. Keterbukaan Jonan dibuktikan langsung di acara tersebut dengan memberikan kesempatan kepada pegawai yang ingin bertanya hingga diajak foto selfie bersama. (NA)