Prototype PLT angin 100 Kwt

Diposting : Rabu, 15 Agustus 2012 02:29  


Prototype PLT Angin 100 Kwt

Kepala Badan Litbang ESDM Bambang Dwiyanto didampingi oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (KEBTKE) dan Sekeretaris Badan Litbang ESDM serta beberapa Pejabat Fungsional dan Struktural di Lingkungan Badan Litbang ESDM, Sabtu, 28 April 2012 melakukan kunjungan kerja ke Desa Tamanjaya, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi untuk melihat secara langsung pilot project PLT Bayu atau PLT Angin terbesar di Indonesia dengan kapasitas 100 kilowatt.

 

Puslitbangtek KEBTKE menyelesaikan instalasi PLT Bayu tersebut, mulai dari pengangkutan bilah turbin yang panjangnya kurang lebih 12 meter, mengangkat mesin yang beratnya mencapai 8 (delapan) ton yang diletakkan di atas tower setinggi 35 (tiga puluh lima) meter.PLT Bayu ini dirancang on grid pada jaringan PLN apabila listrik sudah berproduksi. Saat ini para Peneliti sedang melakukan uji coba, untuk menggerakkan sistem agar bisa berfungsi dibutuhkan genset dengan kapasitas 300 kilowatt, genset yang ada di lapangan saat ini adalah milik Puslitbang Geologi Kelautan yang didatangkan dari Cirebon, hal ini adalah suatu bentuk sinergi pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) di lingkungan Badan Litbang ESDM.

Pengembangan PLT Bayu ini dapat dijadikan contoh dan model bagaimana litbang berperan mulai dari mendesain, mengajak dan mendekati industri strategis nasional untuk terlibat langsung memproduksi komponen-komponen turbin angin ini, seperti PT. Dirgantara Indonesia untuk pembuatan bilah turbin (blade), PT. Pindad untuk pembuatan generator dan power electronic. sedangkan gearbox dan drive control dipabrikasi oleh PT. Pindad, PT. INKA, dan PT. Astra Internasional.

Video PLT Angin 100 Kwt