Sekuen Molekul Asam Amino Peptida Bersifat Surfaktan Anionik: Inovasi Bioteknologi Protein untuk Peningkatan Perolehan Reservoar Minyak (2012)

Diposting : Senin, 14 Januari 2013 09:59  


Surfaktan umum digunakan pada pengeboran minyak bumi untuk meluruhkan minyak bumi dengan air, menyerupai sabun, dan ketika di permukaan, minyak bumi kembali dipisah dari air. Teknologi nano menghasilkan surfaktan peptida yang bisa diatur sifat luruhnya menjadi non aktif sehingga pemisahan minyak dari air menjadi lebih mudah.

SUPEL, SUrfaktan PEptida LEMIGAS yang dikembangkan memiliki sifat daya pisah permukaan, kestabilan dan ketahanan panas yang lebih baik dibandingkan dengan yang saat ini ada di pasaran. SUPEL dapat terurai secara alami (biodegradable) dan dapat diproduksi melalui tanaman transgenik pada tanaman (inang) biomassa lokal.

Prespektif

Memproduksi bahan baku pembuat surfaktan melalui inang tanaman alami yang bisa diperbaharui secara massal akan membuka peluang proses eksploitasi minyak bumi lebih lanjut secara lebih ekonomis.

Keunggulan Inovasi

• Dapat disesuaikan dengan karakter masing-masing reservoir minyak.

• Lebih unggul dalam hal daya pisah dan kestabilan dibanding produk lain.

Biodegradable.

• Dapat diproduksi melalui inang tanaman transgenik biomassa lokal.

Potensi Aplikasi

Selain digunakan di sektor minyak, SUPEL dapat dikembangkan untuk diaplikasikan pada sektor industri yang berhubungan dengan emulsion dan foam lainnya seperti biomedical, agricultural chemical, dll

Inovator

Ir. Indra Jaya, M.Sc, MBA; Arief Witarto Ph.D; Prof. M. Udiharto; Usman Pasarai, Ph.D; Abdul Haris, S.Si., M.Si; Dra. Sri Astuti Rahayu, M.Si; Ir. Sugiardjo, M.Eng; Syafrizal, S.Si; Yani Fauzani, S.Si; Cut Nanda Sari, M.Si; Onie Kristiawan, S.Si

Prospek Inovasi

Kesiapan Inovasi : *

Kerjasama Bisnis : *

Peringkat Inovasi : *