Semen Pozolan Kapur

Diposting : Rabu, 30 November 2011 07:58  


Pengolahan Semen Pozolan Kapur (SPK) terpusat di Lampung ini dimaksudkan untuk penyediaan semen murah untuk pembangunan rumah sederhana, jalan dan irigasi. Saat ini, kapasitas pilot plant yang terpasang adalah sebesar 100 ton SPK/hari, namun secara nyata baru mencapai kapasitas sekitar 50 ton SPK/hari atau 1.250 zak/hari. Mutu SPK yang dihasilkan telah memenuhi standar SNI 15-0301-1989 sehingga produk SPK hasil uji coba telah dapat diterima masyarakat. Bahan baku trass dan kapur tersedia di Lampung dengan mutu cukup baik.

Tujuan utama dibangunnya Pilot Plant SPK adalah memberikan model percontohan proses pembuatan SPK yang diharapkan dapat dikembangkan ke skala industri untuk membantu program pemerintah dalam penyediaan bahan baku bangunan alternatif dengan harga murah. Kegiatan yang telah dilakukan yaitu pengujian pembuatan SPK menggunakan campuran klingker, untuk menekan harga jual SPK. Selain itu, dicari daerah penghasil trass terbaik di daerah Lampung.

Di Teluk Betung, Bandar Lampung, Lampung Selatan, terdapat endapan trass hingga 1,5 juta ton, sedangkan di Panengahan dan Bakahaune terdapat endapan trass dengan cadangan belum diketahui secara pasti. Dari hasil analisis kimia, semua trass tersebut memenuhi syarat, dan yang terbaik terdapat di Bakahaune. Hasil uji terbaik dengan komposisi 55 trass, 15 kapur, dan 30 klingker, waktu pengikatan 1 x 24 jam hingga 3 x 24 jam, kuat tekan mencapai 137,7 kg/cm2 (28 hari), dan syarat minimal 100 kg/cm2.

Berdasarkan uji coba peralatan, uji coba produksi dan uji coba pasar Semen Pozolan Kapur (SPK) serta besar biaya yang telah dikeluarkan, perlu diproduksi minimal 500 zak/hari untuk mencapai harga maksimum Rp. 35.000/zak. Sedangkan Pilot Plant yang mempunyai kapasitas produksi 1.250 zak/hari selama 6 (enam) bulan efektif hanya mampu memproduksi SPK rata-rata di bawah 300 zak/hari sehingga tidak ekonomis untuk dioperasikan secara komersial.

Dengan melimpahnya semen portland dan munculnya semen baru, perkembangan SPK menjadi kurang diminati sehingga menghambat keinginan investor untuk membangun industri SPK. Pabrik SPK dapat dibangun di lokasi lain yang memiliki potensi bahan baku tersebut, di antaranya: Jabar, Jateng, Jatim, Sulawesi Utara, Flores, dan Halmahera.

Pilot Plant SPK di Lampung

 

Silo Penampungan Produk SPK

 

Bahan Baku Trass dan Kapur

Produk SPK

Produk conblock dengan bahan baku SPK       Rumah contoh menggunakan SPK