Upgraded Brown Coal (UBC)

Diposting : Rabu, 30 November 2011 09:00  


Kualitas batubara Indonesia didominasi oleh batubara peringkat rendah, yaitu mempunyai kadar air yang tinggi sehingga nilai kalor yang rendah. Oleh karena itu, Puslitbangtek Mineral dan Batubara melakukan penelitian dan pengembangan untuk peningkatan kualitas batubara Indonesia dengan teknologi Upgraded Brown Coal (UBC) dalam skala laboratorium yang kemudian dikembangkan menjadi skala pilot.

 

Kegiatan tersebut telah dilakukan sejak 2002 dengan membangun UBC skala pilot yang berkapasitas 5 ton/hari di Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan tersebut sukses ditandai dengan mulai beroperasinya UBC demonstration plant pada tahun 2008 yang dibangun di Sungai Cuka, Satui, Kalimantan Selatan dengan kapasitas 1.000 ton/hari atau produksi 600 ton/hari. Dengan percobaan media air, heavy aromatic, dan karosen serta bahan aditif LSWR dan aspal diperoleh hasil untuk batubara Berau dengan kadar air > 50% dapat diturunkan hingga 5000 ton/hari.

 

Saat ini sedang dilakukan kajian bentuk bisnis UBC agar didapatkan bentuk bisnis yang paling menguntungkan baik bagi investor maupun bagi pemerintah.

 

Pilot plant Palimanan, Cirebon

 

UBC demonstration plant, Satui, Kalimantan Selatan