Puslitbangtek Ketenagalistrikan, EBT dan KE

Puslitbangtek Ketenagalistrikan, EBT dan KE

Pusat  Penelitian dan  Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi mempunyai tugas melaksanakan penelitian, pengembangan, perekayasaan teknologi, pengkajian dan  survei serta pelayanan jasa  di bidang ketenagalistrikan, energi baru,  terbarukan, dan konservasi energi.

Pusat  Penelitian  dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi terdiri atas:

a.  Bagian Tata Usaha;

b.  Bidang Program;

c.  Bidang Penyelenggaraan dan Sarana Penelitian dan Pengembangan;

d.  Bidang Afiliasi dan Informasi; dan

e.  Kelompok Jabatan Fungsional.


Alamat Situs : http://www.p3tkebt.esdm.go.id

 

Sejarah P3TKEBTKE

 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) merupakan Unit Eselon II dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral  (Balitbang ESDM) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Pada awal berdirinya, berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor: 150 tahun 2001 tanggal 2 Maret 2001 dan Nomor 1915 tahun 2001 tanggal 23 Juli 2001, dengan nama Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Energi dan Ketenagalistrikan (P3TEK).

Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor: 0020 tahun 2005, P3TEK berganti nama menjadi P3TKEBT, yang mempunyai tugas menyelenggarakan penelitian dan pengembangan teknologi bidang ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan.

Dr. Ing. Evita Herawati Legowo

12 Maret 2001 - 31 Jan 2002

Ir. Suharto Satibi, SE

7 Februari2002 - 30 Sept 2003

Ir. Supriatna Suhala

22 Jan 2004 - 27 Des 2005

Ir. Ris Wahyuti Soemardi

28 Des 2005 - 1 Jan 2010

Dra. Yani Kussuryani, Msi

Ir. Hartono

 

 

 Visi dan Misi P3TKEBTKE

 

"Terwujudnya lembaga Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketengalistrikan dan Energi Baru Terbarukan yang professional dan handal serta mampu memberikan hasil-hasil yang nyata bagi kemajuan teknologi ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan di Indonesia."

 

  1. Melakukan penelitian dan pengembangan ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan;
  2. Memberikan masukan kepada pemerintah dalam pembuatan kebijakan bidang ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan;
  3. Memberikan pelayanan jasa teknologi dan rekayasa serta jasa informasi bidang ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan.

 

Tugas dan Fungsi P3TKEBTKE

 

Melaksanakan penelitian, pengembangan, perekayasaan teknologi, pengkajian dan survei serta pelayanan jasa di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan, dan konservasi energi.

Dalam melaksanakan tugas Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program penelitian, pengembangan dan perekayasaan teknologi, pengkajian dan survei di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi;
  2. Pelaksanaan dan pelayanan jasa penelitian, pengembangan, perekayasaan teknologi, pengkajian dan survei, serta pengelolaan pengetahuan dan inovasi di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi;
  3. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan penelitian, pengembangan, dan perekayasaan teknologi, pengkajian dan survei di bidang ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi; dan pelaksanaan administrasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi.

 

Struktur Organisasi P3TKEBTKE