Arsip Berita



Badan Litbang ESDM dan PT Anglo Euro Energi Indonesia  akan Kembangkan Energi Baru Terbarukan
Kepala Badan Litbang ESDM, FX Sutijastoto bersama dengan Direktur Utara PT Anglo Euro Energi Indonesia, AlanLau Yew Ghee  menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Kerja Sama Pengembangan dan Pemanfaatan di Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral di Jakarta (13/3). 

Ruang lingkup kerja sama ini adalah evaluasi teknis, komersial dan hukum untuk pengembangan energi dan sumber daya mineral. Kedua belah pihak berencana membentuk tim bersama setelah nota kesepahaman ditandatangani, untuk mengetahui potensi daerah di Indonesia, yang akan dikembangkan lebih lanjut. 

Badan Litbang ESDM dan PT Anglo Euro Energi Indonesia juga sepakat untuk mengoptimalkan dan memanfaatkan hasil penelitian dan pengembangan teknologi energi mineral dan sumber daya mineral. Selama perjanjian berlangsung kedua pihak akan aktif melaksanakan pertukaran pengetahuan dan penerapan teknologi baru, khususnya energi baru terbarukan dan konservasi energi. 

PT Anglo Euro Energi Indonesia adalah anak Anglo Euro Developers Private Limited, perusahaan perdagangan energi, komoditas dan pengembang di proyek infrastruktur energi. Basis operasional perusahaan ini berada di Indonesia dengan kantor pemasaran di Singapura dan London. Perusahaan ini terlibat dalam proyek infrastruktur minyak dan gas seperti kilang aromatik, terminal penyimpanan LPG, kapal pengangkut pantai LNG kecil, unit penyimpanan dan regasifikasi terapung.

PT Anglo Euro Energi Indonesia berpartisipasi dalam proyek penambangan batubara dan pembangkit tenaga listrik sebagai IPP (Independent Power Producer) serta menyewakan peralatan pembangkit tenaga listrik ke PT PLN.
Aktivitas perdagangan meliputi pasokan kondensat yang digunakan sebagai bahan baku, perdagangan produk LPG, aromatik dan olefin, sulingan tengah dan minyak mentah. Aktifitas perusahaan lainnya di antaranya membangun infrastruktur yang dibutuhkan di seluruh Indonesia seperti tangki penyimpanan, dermaga, terminal penerima untuk mendukung kegiatan perdagangan, yang melibatkan BUMN seperti Pertamina, PGN dan PLN sebagai mitra. 
PT Anglo Euro Energi Indonesia terlibat di beberapa proyek di Indonesia, di antaranya pengembangan Arun sebagai Hub LNG, pembangunan penyimpanan LNG Nusantara di Jawa Barat, Lampung dan Sumatera Selatan. Perusahaan ini juga tertarik untuk mengembangkan usahanya pada pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi.


Kepala Badan Litbang ESDM (kiri) dan Direktur Utara PT Anglo Euro Energi Indonesia (kanan)  menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Kerja Sama Pengembangan dan Pemanfaatan di Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral

Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202