Arsip Berita



Kembangkan EBT, Badan Litbang ESDM Gandeng PT Pertamina Power Indonesia

Jakarta (18/4) – Badan Litbang ESDM kembali meluaskan kerja sama, khususnya dalam pengembangan energi baru terbarukan (EBT). Mitra yang digandeng kali ini adalah PT Pertamina Power Indonesia (PPI).

 

“Ini adalah bentuk kepercayaan PT PPI dalam menjawab salah satu solusi pengembangan EBT, khususnya energi angin. Dalam tata kelolanya, kami akan jaga untuk proses pengembangan bisnisnya,” sambut Kepala Badan Litbang ESDM, FX Sutijastoto dalam prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman pada Rabu, 18 April 2018 di Jakarta.

  

Presiden Direktur PT PPI, Ginanjar menuturkan “PT PPI merupakan anak perusahaan PT Pertamina yang khusus bergerak di bidang bussines power, dan turut bekerja sama bersama PT PLN dengan mengkhususkan diri pada energi bersih, khususnya EBT. Kami eksplor potensi bisnis di EBT. Atas nama PPI kami ucapkan terima kasih banyak, semoga kerja sama ini saling menguntungkan kedua belah pihak.’’

 

Badan Litbang ESDM yang telah bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum (BLU) sejak Januari 2018 terus membuka peluang kerja sama dengan berbagai mitra. Dimana pada prinsipnya pelaksanaan kerja sama operasional (KSO) dalam BLU adalah sebuah proyek pembiayaan seperti yang diterapkan World Bank. Sutijastoto menambahkan agar dilakukan pengelolaan dana murah untuk mendukung investasi di bidang EBT.

 

Kepala Pusat Litbangtek Ketenagalistrikan, EBT dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) turut menjelaskan bahwa rencana kerja sama dengan PT PPI ini terkait pengembangan energi angin yang berlokasi di Maluku dengan kapasitas hingga 30 MW.

 

Pelaksanaan ruang lingkup Nota Kesepahaman tentang kerja sama penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan teknologi ESDM ini meliputi penguatan kerja sama melalui evaluasi teknis dan komersial untuk pengembangan dan/atau negosiasi kesepakatan dalam mempercepat pengembangan dan pemanfaatan di bidang ESDM, terutama konservasi energi, ketenagalistrikan, dan EBT; pembentukan tim studi bersama untuk menemukan potensi energi daerah; optimalisasi dan pemanfaatan hasil litbang; hingga perbantuan dan penyediaan tenaga ahli.

 

 “Agar P3TKEBTKE langsung mengkonkritkan tempat dan skema kerja sama. Jika feasibility study (FS) kerja sama ini mau dibuat secara Bankable, maka dapat dipercayakan kepada PT PPI,” harap Kepala Badan. (ARA/ANR)
Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202