Arsip Berita



PPPTMGB “LEMIGAS” Serahkan Kompor Bioethanol di Kabupaten Boalemo

Kepala PPPTMGB “LEMIGAS”, Patuan Alfon Simanjuntak melakukakan serah terima kompor bioethanol kepada Wakil Bupati Boalemo di Kantor Bupati Boalemo, Provinsi Gorontalo (26/4).  Kompor yang didanai dengan anggaran Badan Layanan Umum Lemigas ini akan dihibahkan kepada 204 Kepala Keluarga (KK) yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan Dusun Mbongo, Desa Botumoito, Kabupaten Boalemo.  

 

Penyerahan hasil litbang ini dilaksanakan pada acara Sinergi Aplikasi Iptek di Boalemo. Produksi kompor bioethanol ini merupakan implementasi sinergi enam Pusat Unggulan Iptek (PUI). PPPTMGB “LEMIGAS” bersama lima Pusat Unggulan Iptek (PUI) lainnya, yakni Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH); Pusat Penelitian Kimia LIPI; Pusat Penelitian Politik LIPI; Balai Penelitian Tanaman Palma - Kementerian Pertanian; Balai Besar Industri Agro – Kementerian Perindustrian bersinergi mengembangkan Desa Mandiri Berbasis Aren di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Desa Botumoito ditetapkan menjadi desa percontohan.

 

Desa Mandiri Berbasis Aren diinisiasi oleh Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diluncurkan pada Oktober 2017 di Boalemo, desa Botumoito ditetapkan menjadi desa percontohan. Pengembangan Desa Mandiri Berbasis Aren merupakan contoh nyata aplikasi IPTEK dan inovasi untuk memanfaatkan potensi aren berlimpah dan belum dimanfaatkan secara optimal. Aren diproduksi menjadi berbagai diversifikasi produk yaitu bioethanol sebagai alternatif bahan bakar rumah tangga dan pangan (gula semut fungsional, nata pinnata, dan manisan kolang kaling). Hasilnya menjadi sumber penghidupan masyarakat yang dapat menggerakkan perekonomian.

 

Pengembangan Desa Mandiri Berbasis Aren adalah kegiatan terintegrasi dan merupakan langkah nyata mendukung kelestarian sumber daya dan lingkungan sekaligus pemberdayaan masyarakat secara langsung.

 

Sinergitas dukungan dan kontribusi keenam PUI dilakukan sesuai tugas dan fungsinya. PPPTMGB “LEMIGAS” menyediakan 204 unit kompor bioetanol secara bertahap. P3HH berperan aktif dalam koordinasi dan aplikasi IPTEK serta formulasi bioethanol. Puslit Kimia LIPI siap mendukung aplikasi teknologi peningkatan kualitas bioetanol fuel-grade. Puslit Politik LIPI menyusun rekomendasi regulasi peraturan daerah dan peraturan gubernur terkait tata niaga. Balai Penelitian Tanaman Palma mendukung penyiapan varietas aren unggul sedangkan,Balai Besar Industri Agro berperan dalam pengujian produk pangan.

 

Sebelumnya masyarakat Boalemo mengeluhkan kelangkaan pasokan gas elpiji kemasan 3 kg sehingga harganya melonjak hingga Rp. 35.000,-. Pemerintah Kabupaten Boalemo berupaya bergerak cepat dan telah mengundang Himpunan Wiras­wasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) untuk mengatasi masalah ini. Melalui program ini, diharapkan dapat menjawab tantangan kelangkaan Elpiji dan pemanfaatan energi terbarukan sebagai alternatif bahan bakar gas, sekaligus untuk mengurangi impor LPG. (ER)

Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202