Arsip Berita



ANRI Verifikasi Lapangan Kearsipan KESDM
Tim Pengawas Kearsipan dari Pusat Akreditasi Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan verifikasi lapangan kearsiapan Kementerian ESDM di Satuan Kerja Badan Litbang ESDM di Jakarta (27/5). 

Untuk ke sekian kalinya Badan Litbang ESDM mewakili Kementerian ESDM,  karena hasil pengawasan kearsipan tahun lalu mendapatkan nilai terbaik di tingkat Kementerian ESDM.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini merupakan proses menilai kesesuaian prinsip, kaidah, dan standar kearsipan dalam penyelenggaraan kearsipan.Kegiatan ini mengacu pada Peraturan Kepala ANRI Nomor 38 Tahun 2015 tentang Pedoman Pengawasan Kearsipan. Arsip Pengawasan meliputi pengelolaan arsip dinamis dan sumber daya kearsipan. Pengawasan terhadap arsip dinamis dimulai dari penciptaan, pemberkasan, arsip vital, arsip terjaga, layanan arsip dinamis dan penyusutan. 



Hasil pengawasan tersebut dilaporkan dalam bentuk RHAS (Risalah Hasil Audit Sementara) yang ditandatangani dan disepakati oleh Tim Pengawasan dan unit eselon I sebagai obyek pengawasan. Tim Pengawasan selanjutnya menyusun LAKI (Laporan Audit Kearsipan Internal) untuk setiap obyek pengawasan.  

Verifikasi lapangan diperlukan untuk mengawal kepatuhan penyelenggaraan kearsipan pada setiap pencipta arsip terhadap peraturan perundang-undangan kearsipan dan untuk memenuhi penilaian kualitas pengelolaan arsip. Pengukuran kegiatan ini berdasarkan nilai pengawasan kearsipan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 26 Tahun 2020 tentang Pedoman Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.


Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202