Arsip Berita



Babinrohis Badan Litbang ESDM Berbagi Pandemi virus corona (COVID-19) yang makin meluas di berbagai daerah di tanah air dan masih akan diperpanjang selama wabah ini belum mereda.

Pemerintah telah menerapkan kebijakan pembatasan sosial yang menerapkan kerja dan belajar di rumah bagi sebagian besar pegawai, pelajar, mahasiswa. Bahkan kebijakan ini diperpanjang hingga akhir Bulan April 2020.

Keputusan pemerintah ini tidak hanya mempengaruhi kehidupan pegawai maupun pelajar. Kelompok masyarakat lainnya juga turut terdampak di antaranya  pedagang kecil, pengemudi ojek online (ojol), sopir angkutan umum dan pekerja harian. Pendapatan mereka turun drastis, lantaran minimnya aktivitas masyarakat.

Sebagai bentuk empati, Badan Pembina Rohani Islam (Babinrohis) Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral berinisiatif untuk menghimpun donasi dari para pegawai muslim di lingkungan Badan Litbang ESDM. Donasi ini diujudkan dalam bentuk paket sembilan pokok makanan maupun paket makanan.

Pada tahap awal, para pegawai Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) menyampaikan paket bahan makanan kepada 74 pengemudi online dan kaum duafa di sekitar perkantoran P3TKEBTKE di Bogor pada tanggal 2 dan 3 April 2020.


Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masji Al Arif Lemigas membagikan 200 paket makanan kepada para pengemudi ojek online, sopir angkutan umum, petugas kebersihan dan kaum dhuafa pada 3 April 2020.

Pada hari yang sama, DKM Masjid Al Ma’adin di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara juga menyumbangkan 100 paket makanan kepada para pengemudi ojek online dan kaum dhuafa di Bandung.
Hari Kamis (9/4) DKM Masjid Al Arif Lemigas kembali membagikan 200 paket makanan di lingkungan perkantoran. Pembagian ini dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha bersama Kepala Bidang Afiliasi dan Informasi PPPTMGB “LEMIGAS”. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan kembali pada tanggal 17 April 2020.
DKM Al Ma’adin Tekmira juga tidak ketinggalan kembali menyerahkan bantuan sembako kepada para pegawai tidak tetap (PTT/non PNS), yakni petugas kebersihan, petugas keamanan dan pengemudi di lingkungan kantor. Sebanyak 274 paket sembako ini dibagikan secara bertahap, dimulai hari ini hingga minggu ke depan.

Babinrohis Badan Litbang ESDM akan terus mengumpulkan donasi dari berbagai pihak, agar dapat terus mengumpulkan donasi darai para relawan dan pihak. Mari kita saling bahu membahu dalam menebar kebaikan demi meringankan beban sesama. Seberapapun uluran tangan yang kita berikan, akan sangat bermakna bagi mereka.

Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202