Arsip Berita



Badan Litbang ESDM dan BATAN Jalin Kerja Sama Studi Kelayakan PLTN Kepala Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral, Dadan Kusdiana menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Studi Kelayakan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Provinsi Kalimantan Barat antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) dan Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir (PKSEN), Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) di Bandung (4/3).

Kepala P3GL, Hedi Hidayat, bersama Kepala PKSEN Suparman menandatangani nota kesepahaman yang melandasi rencana kontrak pekerjaan survei geologi kelautan untuk mendukung rencana tapak Pembangkit istrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Kalimantan Barat. Pelaksanaan survei akan dilakukan pada musim peralihan dan musim timur pada tahun 2020.

Dadan menjelaskan, ruang lingkup kerja sama ini berupa studi tapak geologi kelautan (sub bottom profilling). Studi ini untuk mengetahui pergeseran permukaan (capable fault), studi hidro oseanografi berupa batimetri pasang surut, arus dan gelombang.

Data oseanografi tersebut akan dibuat suatu pemodelan untuk penyusunan Detail Engineering (DED) PLTN. Studi ini direncanakan akan berlangsung selama enam bulan.

Tujuan survei geologi kelautan ini untuk mengetahui karakteristik pantai, kondisi hidro oseanografi, geofisika/geologi bawah permukaan dan dasar laut, sebagai bahan masukan dalam penentuan dan pengembangan wilayah calon Tapak PLTN di Kalimantan Barat.

Kegiatan ini diharapkan untuk memastikan wilayah tersebut bebas dari bahaya eksternal yang dapat mempengaruhi operasi dari PLTN.

Studi geologi kelautan dilakukan dengan mengacu pada Peraturan BAPETEN Nomor 6 Tahun 2014 tentang Evaluasi Tapak Instalasi Nuklir untuk Aspek Meteorologi dan Hidrologi. Output kegiatan ini berupa Laporan Data Tapak sebagai acuan dalam pemilihan dan evaluasi tapak PLTN di Provinsi Kalimantan Barat.

Sebelumnya PKSEN juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) tentang Studi Kelayakan Pembangkit Tenaga Nuklir di Provinsi Kalimantan Barat.

Melalui kerja sama tersebut, P3TKEBTKE akan melaksanakan studi kelayakan yang difokuskan pada energi, kelistrikan, ekonomi dan keuangan.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024, (BATAN) ditugaskan menjadi koordinator tiga Prioritas Riset Nasional (PRN), yakni pembangunan Prototipe PLTN skala komersial, Sistem Pemantauan Radioaktif untuk Keselamatan dan Keamanan (SPRKK), dan Radioisotop-Radiofarmaka (RI-RF).
Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202