Arsip Berita



Badan Litbang ESDM Sosialisasikan Potensi Panas Bumi di Sumedang
Badan Litbang ESDM bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk mensosialisasikan secara virtual kepada para aparat Pemkab Sumedang, tentang pemanfaatan panas bumi di Sumedang selama dua hari, dari tanggal 12-13 Oktober 2020. 

Kepala Badan Litbang ESDM, Dadan Kusdiana menyatakan, “Perlu upaya yang lebih kuat, konsisten dan meyakinkan, dari pemerintah daerah dan Kementerian ESDM untuk memanfaatkan potensi energi alternatif yang sudah ada, khususnya panas bumi.

Potensi panas bumi Sumedang terletak di Desa Cipanas, Kecamatan Buahdua, di kaki Gunung Tampomas sebelah Utara. Potensinya kandungan panas bumi cukup menjanjikan, sekitar 55 mega watt. Proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Tampomas masuk dalam program percepatan pembangunan pembangkit listrik 10.000 megawatt (MW) tahap II dan diharapkan dapat dibangun pada 2029.  PLTP ini akan menjadi sumber penyediaan energi listrik Kabupaten Sumedang dan Jawa Barat. 

Dadan menekankan bahwa sosialisasi kepada aparat Pemerintah Kabupaten Sumedang ini diperlukan agar dapat memberikan edukasi yang tepat kepada masyarakat, terkait rencana pengembangan potensi panas bumi di Gunung Tampomas, Sumedang. 

Jika rencana tersebut dapat diwujudkan, Kabupaten Sumedang akan mendapatkan manfaat berupa dana bagi hasil dari pengusahaan panas bumi sebagai pendapatan daerah. PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) ini digunakan untuk pembangunan daerah peningkatan kesejahteraan masyarakat dari kegiatan perekonomian yang berkelanjutan. 

Di akhir sambutan, Dadan menambahkan bila Kementerian ESDM terus mencoba memperbaiki kebijakan, regulasi, termasuk juga kebijakan harga sehingga akan lebih menarik untuk pengembangan energi terbarukan, khususnya panas bumi. 

Bupati Sumedang, Dony Munir Ahmad menambahkan sosialisasi dengan Kementerian ESDM ini merupakan gerakan awal untuk mensosialiasikan tentang pemanfaatan panas bumi untuk para aparat Pemerintah Kabupaten Sumedang, sebelum melakukan sosialisasi dengan masyarakat di sekitar Gunung Tampomas.

Dony menyatakan, “Bila perlu aparat Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama tim Kementerian ESDM dapat mengunjungi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat di sekitar Gunung Tampomas. 

Dody juga menyatakan Pemerintah Kabupaten Sumedang akan segera menyampaikan usulan percepatan eksplorasi lapangan panas bumi Tampomas, agar dapat dieksplorasi lebih cepat sebelum tahun 2029.


Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202