Arsip Berita



BLU LEMIGAS Sampaikan Hasil Uji Profisiensi Laboratorium Penguji BBM, Crude Oil, Pelumas, Gas serta Kalibrasi Setelah menyelesaikan serangkaian tahapan Uji Profisiensi sejak April 2019, Badan Litbang ESDM - Badan Layanan Umum (BLU) LEMIGAS menggelar Temu Karya Uji Profisiensi 2019 di Tangerang (14/11), untuk menyampaikan hasil Uji Profisiensi yang diikuti 86 perusahaan, yang berasal dari 74 pengelola Laboratorium Penguji yang melakukan kegiatan pelayanan jasa pengujian BBM, Crude Oil, Pelumas dan Gas, serta 12 pengelola Laboratorium Kalibrasi yang penyedia layanan jasa kalibrasi Termometer Digital.

Sebelumnya BLU Lemigas telah melakukan serangkaian tahapan uji profisiensi, dimulai dari pendaftaran, Kick Off Meeting, penyiapan sampel berupa BBM (Bensin dan Biosolar), pelumas, sampel Crude Oil dari Refinary Unit VI Balongan serta sampling gas dari Pertamina Gas Area JBB, Cikarang.

Pengujian terdiri dari penyiapan sampel, uji homogenitas, distribusi sampel, pengujian sampel oleh peserta, uji stabilitas sampel, evaluasi data hasil uji peserta dan diakhiri dengan pembuatan laporan.

Data hasil uji dari Laboratorium Penguji peserta telah dievaluasi dengan metode statistik berdasarkan ISO 13528:2005 “Statistical Method for Use in Proficiency Testing by Interlaboratory Comparisons”.

Kepala Pusat PPPTMG LEMIGAS, Setyorini Tri Hutami dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta atas kepercayaannya kepada BLU LEMIGAS, yang menyertakan laboratoriumnya pada uji profisiensi kali ini.

“Dengan uji ini laboratorium, penguji dapat mengetahui kinerja laboratoriumnya”, kata Rini.

Rini menambahkan. apabila hasil uji profisiensi dinyatakan kurang baik, maka diharapkan dapat dilakukan langkah perbaikan, sehingga bisa menambah jaminan kepercayaan pelanggan laboratorium penguji dan laboratorium kalibrasi.

Pada kesempatan tersebut Direktur Akreditasi Laboratorium, Komite Akreditasi Nasional (KAN) Fajarina Budiantari menyampaikan uji profisiensi penting dilaksanakan, mengingat jumlah Laboratorium Penguji yang menyediakan layanan jasa pengujian BBM, pelumas dan gas bumi makin banyak, metoda serta fasilitas dalam jasa layanan juga beragam, sehingga membutuhkan uji profisiensi untuk menjamin mutu pelayanan hasil pengujian.

Selanjutnya Ibu Fajarina juga menyampaikan bahwa BLU LEMIGAS merupakan satu-satunya laboratorium yang terakreditasi untuk melakukan uji profisiensi di bidang migas.

Laboratorium yang terakreditasi maupun belum harus mampu menghasilkan hasil uji yang akurat dan presisi karena akan mempengaruhi kualitas produk. Untuk memonitor validitas pengujian maka Laboratorium Penguji yang terakreditasi SNI ISO/IEC 17025 menerapkan program pengendalian mutu, diantaranya menggunakan peralatan laboratorium yang terkalibrasi dan mengikuti uji profisiensi, sebagaimana disyaratkan SNI ISO/IEC 17043:2010.

Sebagai Informasi, PPPTMGB “LEMIGAS” ditunjuk menjadi Penyelenggara Uji Profisiensi (PUP) secara mandiri yang terakreditasi sejak 21 Oktober 2015, setelah sebelumnya dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013, PPPTMGB “LEMIGAS” ditunjuk KAN sebagai Penyelenggara PUP yang terintegrasi dengan program uji profisiensi KAN untuk Laboratorium Penguji BBM, Pelumas, Gas dan Laboratorium Kalibrasi.

Hasil uji profisiensi menjadi bukti bahwa laboratorium penguji telah menggunakan peralatan yang teliti serta analis handal, sehingga masyarakat terhindar dari kerugian akibat mengkonsumsi BBM, pelumas dan gas bermutu rendah dan tidak memenuhi standar.

Hasil pengujian oleh Laboratorium Penguji tersebut juga akan membantu pemerintah dalam pengawasan mutu BBM, pelumas dan gas bumi, baik yang diproduksi maupun yang beredar di pasar.

Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202