Arsip Berita



Ditjen Perbendaharaan Apresiasi Capaian Output P3GL
Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan memberikan penghargaan Peringkat ke-2 Satuan Kerja Badan Layanan Umum (BLU) Kategori Capaian Output Terbaik Tahun Anggaran 2021, Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bandung I kepada Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) di Bandung. 

Usai menerima sertifikat (1/4), Kepala P3GL Hedi Hidayat menjelaskan, selama tahun 2021 P3GL berhasil membukukan realisasi pendapatan negara bukan pajak (PNBP) melalui mekanisme  BLU sebesar 15,7 Miliar. Pendapatan terbesar diperoleh dari kontrak kerja sama BLU P3GL dengan PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia (Telkominfra) terkait Marine Survey Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Link Bali - Lombok, Labuan Bajo - Raba dan Gresik – Bawean Tahun 2021.  

“Pekerjaan survei laut terbagi dalam tiga sistem, yaitu link Bali-Lombok, link Labuan Bajo-Raba, dan link Gresik- Bawean, serta tujuh lokasi pantai”, lanjut Hedi. 
Pekerjaan ini bertujuan untuk memperoleh data geofisika, oseanografi dan geologi untuk offshore menggunakan Kapal Survei Geomarin III dan survei kawasan pantai (nearshore survey). Data survei sesuai spesifikasi standar industri untuk mendukung SKKL Nasional. Kolaborasi ini merupakan dukungan terhadap PT Telkom Tbk, dalam hal penyediaan koneksi internet dan komunikasi untuk penyelenggaraan World Superbike (WSBK) Tahun 2021 dan MotoGP Tahun 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat. 

Hedi menguraikan, “P3GL juga menyelesaikan tiga kontrak layanan jasa teknologi, yakni dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah, Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta PT Pertamina (Persero)”. 

Kerja sama dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah adalah penyusunan profil dan kajian pemetaan potensi wilayah pesisir Pantai Utara Jawa Tengah. Survei dan kajian ini menghasilkan data potensi dan kandungan pasir laut terhadap dukungan pembangunan infrastruktur serta  identifikasi sedimentasi dan abrasi di sepanjang pantai Jawa Tengah. Aktivitas pemetaan menyelesaikan peta dinamika pantai, peta identifikasi potensi sedimentasi, peta potensi kandungan pasir laut, peta distribusi agregat sedimen fraksi kasar, serta peta ketebalan overburden. 

Pada awal tahun 2021 P3GL juga menyepakati kontrak Survei Geologi Kelautan Tapak Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Pesisir Laut Kalimantan Barat dengan Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir (PKSEN) BATAN. Pekerjaan ini bertujuan memperoleh dan memahami kondisi lingkungan geologi kelautan di pesisir laut Bengkayang dan sekitarnya, melalui analisis data geofisika, geologi, oseanografi, lingkungan dan geohazard. Output kerja sama ini menjadi rekomendasi pemilihan tapak PLTN di Provinsi Kalimantan Barat.  
Jelang akhir tahun 2021, PT Pertamina (Persero) menyepakati kontrak dengan P3GL, tentang Pemetaan Potensial Lokasi Quarry Pasir Laut Radius 100 Nautical Mile dari Pantai Tuban. Tujuan pekerjaan ini adalah memetakan sebaran lapisan penutup dan lapisan potensi pasir radius 100 NM dari pantai Tuban dan menentukan lokasi potensi quarry pasir laut pada kedalaman laut (batimetri). Output kolaborasi kali ini berupa peta batimetri, ketebalan potensi pasir d lapisan penutup dan atlas rekaman seismic single channel. (ER)
Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202