Arsip Berita



Hakteknas 2019, Badan Litbang ESDM Pamerkan inovasi Bidang Energi Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya turut memeriahkan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 yang digelar dari tanggal 25 sampai dengan 28 Agustus 2019 bertempat di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Kota Denpasar, Bali.

Dalam gelaran akbar tersebut, Badan Litbang ESDM berpartisipasi dalam sejumlah kegiatan diantaranya Seminar Nasional Integrasi Data Iptek, Rapat Koordinasi Nasional Penguatan Inovasi, Rapat Koordinasi Nasional Iptek dan Inovasi, Sidang Paripurna Dewan Riset Nasional dan Pameran Ritech Expo 2019.

Pameran Ritech Expo 2019 sebagai ajang pameran hasil riset dan inovasi karya anak bangsa dibuka sejak Minggu (25/8) dan dimeriahkan Badan Litbang ESDM dengan menampilkan beragam hasil inovasi dari empat Unit Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Litbang ESDM, diantaranya Gasifikasi Mini Batubara (Gasmin), Land Air Gun, Early Warning Sparing, Smart Grid System, Rumah Hemat Energi, Kompor Dimethyl Ether (DME), Kompor Bioetanol dan bahan bakar B30.


Progres pengembangan penggunaan B30 menjadi perhatian para pengunjung stan Badan Litbang ESDM. Ritech Expo 2019 kali ini menjadi sarana informasi dan promosi bagi masyarakat tentang penggunaan B30 yang tidak menurunkan performa kendaraan dan  tidak memerlukan biaya tambahan besar untuk perawatan.

Kompor berbahan bakar Dimethyl Ether (DME) turut mencuri perhatian pengunjung, terutama saat dilakukan demo masak. Hasil masakan tidak berbau selayaknya memasak menggunakan kompor LPG.


Inovasi unggulan berikutnya yang juga menarik perhatian pengunjung terutama untuk menghemat penggunaan listrik adalah Rumah hemat energi yang menampilkan konfigurasi panel surya dan kincir pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) menjadi tenaga listrik.





Puncak acara Harteknas 2019 dihadiri oleh Wakil Presiden RI,  Jusuf Kalla, yang  dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya agar hasil inovasi dari Penelitian Lembaga dan Kementerian dapatn diimplementasikan dan dikomersialisaikan agar dapat berdayaguna bagi masyarakat.
Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202