Arsip Berita



Kemenhub Beri Penghargaan pada Program Konversi Motor Listrik Kementerian ESDM
Program konversi sepeda motor berbahan bakar bensin menjadi sepeda motor listrik yang diinisiasi Kementerian ESDM mendapat apresiasi Kementerian Perhubungan. Penghargaan tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) Haryanto pada Rapat Koordinasi Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di Jakarta  (29/03). 

Program yang dilaksanakan oleh P3TKEBTKE dan Direktorat Konservasi Energi ini dinilai telah memberikan dukungan besar dalam mewujudkan program Kendaraan Bermotor LIstrik Berbasis Baterai (KBLBB). Program ini tidak terbatas pada konversi mesin sepeda motornya, tapi juga termasuk penerbitan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) sepeda motor hasil konversi, melalui Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, Direktorat Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan.

Pada tahun 2021 Kementerian ESDM berhasil menyelesaikan Pilot Program Konversi 100 unit motor listrik dari 10 tipe sepeda motor. Konversi terdiri dari 96 unit kendaraan dinas di lingkungan Kementerian ESDM, dan empat unit kendaraan dinas yang berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Konversi berlangsung selama tiga bulan di bengkel P3TKEBTKE yang telah mendapat sertifikasi sebagai Bengkel Resmi Pemasangan, Perawatan dan Pemeriksaan Peralatan Instalasi Sistem Penggerak Motor Listrik pada Kendaraan Bermotor dari Direktorat Perhubungan Darat. 

Program ini juga dinilai memiliki nilai lebih karena proses pengerjaan melibatkan beberapa sekolah menengah kejuruan (SMK) dan tiga bengkel UMKM di Tangerang Selatan dan Bogor. Sinergi ini sekaligus membuka kesempatan bekerja melalui bengkel konversi UMKM serta meningkatkan produksi komponen lokal. Ke depan konversi ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan industri terkait. Jika motor listrik dapat diproduksi di dalam negeri, maka tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di Indonesia pun akan bertambah. 

Untuk mendorong akselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Kementerian ESDM meluncurkan program konversi 1.000 unit sepeda motor dengan sasaran kendaraan dinas/operasional kementerian/lembaga, BUMN, dan pemerintah daerah.

Kementerian ESDM terus mendorong Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), sebagai bagian dari transisi energi untuk mewujudkan penggunaan energi yang lebih bersih, efisien, mengurangi impor BBM, menghemat devisa serta dapat menghemat subsidi BBM. (ER)
Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202