Arsip Berita



Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM Dilantik Sebagai Anggota Dewan Riset Nasional Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral, Dadan Kusdiana dilantik sebagai salah satu Anggota Dewan Riset Nasional (DRN) Komisi Teknis Energi untuk periode 2019-2022 oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, bersamaan dengan Sidang Paripurna II DRN di Jakarta (4/7).  

Nasir mengharapkan para Anggota DRN menjadikan inovasi untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas sumber daya manusia (SDM), memacu pertumbuhan ekonomi negara dengan menghasilkan nilai tambah untuk perekenomian Indonesia di berbagai bidang menurut Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Riset Nasional (RIRN).

Nasir menambahkan, Kemenristekdikti berupaya mengintegrasikan penelitian dan penciptaan inovasi melalui (draft) Rancangan Undang-Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (RUU Sisnas Iptek). Di masa depan riset diharapkan terintegrasi menjadi satu dalam wadah yang lebih strategis dan tidak tercecer di kementerian teknis maupun lembaga pemerintah non-kementerian (LPNK).

DRN adalah lembaga non struktural yang membantu Menristek merumuskan arah, prioritas utama dan kebijakan strategis pembangunan nasional ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasilnya dirumuskan berupa rekomendasi kepada pemerintah dalam bentuk Policy Brief, Laporan Tahunan, Kebijakan Strategis Iptek dan Inovasi, serta Agenda Riset Nasional. Para Anggota DRN mengawal dan menerapkan RIRN 2017-2045 kepada mitra kerja DRN, sehingga RIRN dapat mendukung perekonomian Indonesia.  Mereka juga terlibat di dalam perumusan Prioritas Riset Nasional 2020-2014 dan membina 84 Dewan Riset Daerah (DRD). 

Anggota DRN yang dilantik sebanyak 74 anggota dan terbagi dalam 9 komisi, yakni Komisi Teknis Pangan dan Pertanian, Komisi Teknis Energi, Komisi Teknis Teknologi, Informasi dan Komunikasi, Komisi Teknis Transportasi dan Maritim, Komisi Teknis Pertahanan dan Keamanan, Komisi Teknis Kesehatan dan Obat, Komisi Teknis Material Maju, Komisi Teknis Sosial, Humaniora, Pendidikan, Seni, dan Budaya, Komisi Teknis Lingkungan dan Kebencanaan. 

Ketua DRN terpilih adalah Bambang Setiadi (Badan Restorasi Gambut), Wakil Ketua DRN adalah Sudharto P. Hadi (Universitas Diponegoro) sedangkan Sekretaris DRN dijabat Andi Eka Sakya (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).
Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202