Arsip Berita



Menteri ESDM : Kembangkan Kompetensi dan Lihat Peluang Agar Hasil Litbang Bermanfaat “Semua harus bisa mengembangkan kompetensi, melihat peluang yang disesuaikan dengan sumber daya yang kita punya”, pesan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara.
Bandung (3/1).
 
Pada kesempatan tersebut Arifin meninjau Laboratorium Mineral dan Worskhop Gasifikasi Mini Batubara serta berdiskusi dengan para peneliti dan perekayasa.

Di Laboratorium Mineral, Menteri ESDM melakukan tanya jawab dengan Kelompok Pelaksana Penelitian dan Pengembangan (KP3) Mineral. Koordinator KP3 Mineral, Nuryadi Saleh menyampaikan bahwa saat ini sedang melaksanakan beberapa proyek kerja sama, di antaranya dari PT Vale, United Nation Development Programme (UNDP) dan PT. Jhincuan.

Kontrak kerja sama BLU Tekmira dengan PT Vale adalah Tes Aglomerasi pada Sampel Debu dan Ore untuk mendukung fasilitas produksi PT Vale Indonesia di Sorowako, Sulawesi Indonesia. Kerja sama ini bertujuan untuk mendaur ulang debu dan ore secara lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan efektifitas daur ulang debu rotary kiln (tungku putar). 

Tes Aglomerasi dilakukan terhadap debu dari rotary kiln proses reduksi bijih nikel melalui peletasi, pembriketan atau ekstruksi agar dapat didaur ulang dalam rotary kiln kembali. Tujuannya untuk mengurangi jumlah debu dan meningkatkan produktivitas rotary kiln.

Nuryadi menjelaskan BLU Tekmira juga memenangkan lelang UNDP dalam Program "integrated Sound Management of Mercury in Indonesian's Artisanal and Small-scale Gold Mining (GOLD-ISMIA). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Indonesia untuk mengurangi pencemaran merkuri yang diakibatkan oleh aktivitas pertambangan skala kecil (PESK).

Nuryadi juga memaparkan kerja sama BLU Tekmira dengan PT. Timah Tbk dalam melaksanakan Jasa Kajian Tekno Ekonomi Pengolahan Biji Timah Primer dan Jasa Kajian Test Work Ekstraksi Ilmenite.

Arifin mengapresiasi capaian kinerja ini dan terus mendorong agar Puslitbang Tekmira bisa melakukan penelitian yang bisa memberikan hasil yang bermanfaat besar.

“Saya lihat sarananya ada dan para staf juga bersemangat”, ujar Arifin.

Pada kesempatan ini Arifin juga mencicipi aneka kudapan yang dimasak dengan alat gasfimin, salah satu inovasi unggulan yang kini mulai diminati usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dalam kunjungan kerja di unit-unit kerja Kementerian ESDM di Bandung ini, turut hadir pula Sekretaris Jenderal ESDM, Kepala Kepala Badan Geologi, Kepala BPSDM ESDM, Kepala Biro SDM, serta jajaran pejabat tinggi pratama lainnya.

Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202