Arsip Berita



Menuju Litbang yang Produktif, Badan Litbang ESDM Lakukan Transformasi Jabatan

Kepala Badan Litbang ESDM, Dadan Kusdiana menjelaskan Badan Litbang ESDM akan terus bertransformasi menuju lembaga yang sederhana dan unggul di bawah koordinasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal ini disampaikan pada One on One Meeting Badan Litbang ESDM di Tangerang Selatan (23/1). 

Dadan memaparkan bahwa Presiden RI telah menugaskan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk menata ulang kegiatan riset. 

Dari sembilan bidang riset strategis, kegiatan penelitian dan pertanian pertanian menjadi fokus utama terlebih dahulu, kemudian menyusul bidang kesehatan dan energi. 

Dadan menyampaikan program tersebut merupakan implementasi awal Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang mengamanatkan pelaksanaan riset di bawah koordinasi BRIN.  

Anggaran riset masih berada di masing-masing kementerian/lembaga, namun pelaksanaannya harus dikoordinasikan dengan BRIN untuk mendapatkan lampu hijau. 

“Hal ini dilakukan agar riset prioritas tetap dilakukan oleh sektornya” kata Dadan. 

Dadan melanjutkan Menteri ESDM, Arifin Tasrin memberikan perhatian besar terhadap kegiatan litbang. Beliau juga menekankan pemanfaatan anggaran berjalan efektif. Untuk itu Menteri ESDM juga akan memberikan jalan agar pendanaan yang tidak dipakai oleh unit lain, dapat dialihkan untuk kegiatan litbang prioritas. 

Pada kesempaan ini Dadan bersama para Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Badan Litbang ESDM. juga memberikan pengarahan terkait tranformasi jabatan administrasi ke jabatan fungsional.  Sekretaris Badan Litbang ESDM, Yuli Rachwati menjelaskan tentang proses pengalihan jabatan merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparataur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 42 Tahun 2018 dan Permen PAN RB Nomor 28 Tahun 2019. 

Yuli menjelaskan transformasi jabatan di Badan Litbang ESDM melibatkan 61 pejabat. Pejabat yang mengikuti penyetaraan sebanyak 53, kembali ke jabatan awal sebanyak 3 orang, inpassing sebanyak satu orang dan empat orang bertukar jabatan. 

Sebagai tindak lanjut penerimaan DIPA Tahun 2020 dari Menteri ESDM kepada Kepala Badan Litbang ESDM pada akhir Desember 2019, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja antara Kepala Badan Litbang ESDM dengan para pejabat eselon II di Badan Litbang ESDM. 

Perjanjian kinerja ini merupakan indikator kerja utama (key performance indicator) yang disepakati antara Pimpinan Tinggi Madya kepada Pimpinan Tinggi Pratama yang dituangkan dalam dokumen pedoman dalam bekerja selama tahun anggaran 2020.

Ini juga merupakan komitmen untuk mewujudkan target kinerja, dalam rangka mencapai target kinerja jangka menengah seperti yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan. 

Dalam pelaksanaannya, Kepala Badan akan melakukan supervisi yang diperlukan serta akan melakukan evaluasi terhadap capaian kinerja. 

Pada kesempatan ini para pegawai yang hadir turut menandatangani Komitmen Pegawai dalam mendukung pembangunan zona integritas menuju wilayah bersih dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani di lingkungan Badan Litbang ESDM.


Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202