Arsip Berita



Peluncuran Balitbang ESDM Cycling Community (BCC)
Jawa Barat, Sabtu (22/6) dilakukan peluncuran tim gowes Balitbang ESDM yang tergabung dalam Balitbang ESDM Cycling Community (BCC) di Sentra Percontohan Pengolahan dan Pemanfaatan Mineral, Cipatat, Padalarang oleh Kepala Balitbang ESDM, Dadan Kusdiana. Peluncuran komunitas gowes ini diikuti lebih dari 100 orang yang terdiri dari Badan Litbang ESDM selaku tuan rumah dan para peserta yang berasal dari Ditjen Migas,  Setjen DEN, dan BPSDM. BCC diketuai oleh Usman Pasarai, melakukan Tour de Cipatat yang merupakan kali kedua setelah sebelumnya dilakukan touring Bandung-Jatinangor pada April 2019 lalu. 

Bertepatan dengan peluncuran BCC, juga dilakukan penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara Pulitbang tekMIRA dan PT Bintang Timur Pasifik terkait pemanfaatan jasa pelayanan dan komersialisasi hasil litbang di bidang mineral dan batubara serta pengelolaan aset. "Kerja sama ini adalah upaya memanfaatkan aset tekMIRA berupa Pilot Plant Semen Pozolan Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Selain itu, dengan keunggulan Tekmira dalam pengolahan mineral non logam (penggilingan) juga akan dilakukan pemanfaatan peralatan ball mill untuk mengolah pasir silika sebagai bahan baku industri, khususnya kaca", tutur  Dadan menyaksikan acara penandatanganan tersebut.

Kegiatan pertama yang akan dilakukan berupa pengolahan mineral kapur di Gresik oleh PT Bintang Timur Pasifik, kemudian dilanjutkan pengolahan kembali oleh tekMIRA  untuk dikomersialisasikan di wilayah Lampung dan sekitarnya. Masih dalam kesempatan yang sama, Dadan menambahkan bahwa HoA harus ditindaklanjuti dalam bentuk kerja sama bisnis sehingga memberikan benefit kepada kedua belah pihak. “Kita harus kreatif, gowes tidak hanya menyehatkan tapi juga bisa mendatangkan manfaat bagi BLU"  pungkas Dadan penuh semangat.


Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202