Arsip Berita



Pembahasan Rencana Kerja Badan Litbang ESDM Tahun Anggaran 2021
Badan Litbang ESDM melakukan pembahasan Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) Rencana Anggaran dan Biaya sebagai bahan Rencana Kegiatan Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKA-KL) Tahun Anggaran 20201 di lingkungan Badan Litbang ESDM.

Kepala Badan Litbang ESDM memimpin reviu KAK RAB TA 2021 yang telah disusun oleh masing-masing satuan kerja di Badan Litbang ESDM, termasuk pada Kelompok Pelaksanan Penelitian dan Pengembangan (KP3). 

Dadan menjelaskan Badan Litbang ESDM menyusun serangkaian efisiensi, sebagai dampak pandemi Covid-19. Beberapa elemen pembiayaan yang berubah di antaranya biaya transportasi dalam kota, biaya perjalanan dinas, belanja jasa profesi serta penambahanan anggaran untuk memenuhi capaian Indeks Profesionalitas ASN. 

Pengukuran IP ASN adalah instrumen untuk mengukur secara kuantitatif tingkat profesionalitas ASN, yang hasilnya menjadi dasar penilaian dan evaluasi dalam upaya pengembangan profesionalisme ASN. Ada empat hal yang ditingkatkan, baik dari dimensi pendidikan, kepemimpinan, kinerja dan disiplin.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan mempresentasikan tujuh rencana kegiatan tahun 2021. Survei diagendakan di empat lokasi, yakni Survei Penambahan Data 6 Tema IGT (Informasi Geospasial Tematik) PKSP (Percepatan Kegiatan Satu Peta) dan Batimetri di Perairan Provinsi Bangka Belitung, Survei Penambahan Data Enam Tema IGT PKSP di Perairan Provinsi Sumatera Selatan, Survei Geologi dan Geofisika Cekungan Makassar Selatan, serta Survei Site Selection dan Akuisisi Data Pemanfaatan Arus Laut Perairan Pulau Morotai, Maluku Utara. 

Tiga rencana lainnya adalah Studi Gas Biogenik di Indonesia (Cekungan Sumatera Tengah), Kajian Daya Dukung Data Geologi dan Geofisika Kawasan Pesisir di Sekitar Calon Ibukota Negara, Penajam Paser Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, serta Upaya Penambahan Potensi Cadangan Mineral Strategis Kelautan di Jalur Granitoid Tahap-2. 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara juga mempresentasikan enam usulan kegiatan penelitian, terdiri dari tiga kegiatan KP3 Pengolahan Batubara dan tiga kegiatan KP3 Pengolahan Mineral.  KP3 Pengoljahan Batubara merencanakan Pengembangan Teknologi Pirolisis Batubara untuk Produksi Syncrude Oil, Coke Oven Gas, dan Batubara Kualitas Tinggi, KP3 Pengolahan Mineral menyampaikan proposal kegiatan Pengembangan Teknologi Pemurnian Bijih Nikel dengan Proses Sintering Reduksi Berbasis Gasifikasi Batubara, Ekstraksi Oksida Logam Prekursor untuk Katoda Baterai Lithium, serta Ekstraksi Neodimium-Skandium dari Red Mud untuk Magnet Permanen dan Material Ringan. 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi memyampaikan lima usulan kegiatan. KP3 Energi Baru Terbarukan (EBT) mempresentasikan usulan tentang Peta Potensi EBT dalam Rangka Percepatan Investasi PLT Bayu, Hidro, dan Biomassa dan Litbang Bahan Bakar Cair dan Gas berbasis EBT. KP3 Ketenagalistrikan mengusulkan dua kegiatan, yaitu Litbang Peningkatan Penetrasi Variable Renewable Energy (VRE) Melalui Penguatan Sistem Kelistrikan serta Sepeda Listrik Terintegrasi dengan Pedal-Assist untuk Angkutan Multi Guna. KP3 Tekno Ekonomi, Konservasi dan Lingkungan (TEKL) mengajukan tentang Pengembangan Aplikasi e-SMART PLTS Atap. 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) “LEMIGAS” mempresentasikan 10 usulan kegiatan. KP3 Teknologi Gas menyampaikan tentang Pembuatan dan Uji Kinerja Adsorben untuk Menurunkan Konsentrasi Merkuri dari Gas Alam. KP3 Aplikasi Produk mengusulkan Demo Plant Green Diesel dan Bioavtur di Pupuk Sriwijaya serta Kajian dan Uji Terap Bahan Bakar M20 dan E20 pada Kendaraan Roda Dua dan Roda Empat. KP3 Proses menampilkan usulan tentang Organik Foam dan Pembuatan Fluida Komplesi untuk Mendukung Kegiatan di Hulu Migas, Ekstraksi Minyak Mentah dari Oil Sand, serta Perancangan Formula Surfaktan untuk Peningkatan Perolehan Minyak pada Reservoir Temperatur Tinggi.

Usulan lainnya dari KP3 Eksplorasi dan KP3 Eksploitasi, yaitu Evaluasi Play Gas Biogenik di Indonesia (Tarakan), Studi GnG Postdrill dan Analisis Laboratorium untuk Menentukan High Grade Area/ Sweet Spot dan Perhitungan Estimasi Sumber Daya Shale Hydrocarbon di WK MNK Sumbagut dengan menggunakan Tambahan Data Sumur Camelia-1, Studi Petroleum System Pra-Tersier Cekungan Sumatera Utara, serta Rekayasa Alat Pencitraan Hiperspektral untuk Pemetaan Sebaran Micro-Seepage dan Litologi Permukaan.
Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202