Arsip Berita



Softlaunching Buku Aksi hijau di Lingkar Tambang dalam Pertemuan Direktur Perusahaan Pertambangan Mineral Batubara dalam rangka Pengelolaan Keselamatan Pertambangan

Bertempat di Balai Kartini Jakarta, pada hari selasa 12 November 2019. Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM mengundang para direktur perusahaan pertambangan mineral dan batubara dalam acara “Peran Direktur Perusahaan Pertambangan Mineral dan Batubara dalam Rangka Pengelolaan keselamatan Pertambangan".  


Acara yang dibuka oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Ir. Bambang Gatot Ariyono, M.M dihadiri oleh 250 perusahaan dan 4 pemerintah daerah, juga sekaligus dilakukan pemberian penghargaan PNBP terbaik dan softlaunching buku “Aksi Hijau di Lingkar Tambang” yang telah disusun bersama oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM bekerjasama dengan Badan Layanan Umum Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral.


Buku tersebut disusun untuk mengimbangi informasi atas sorotan negatif di media masa terkait pengelolaan lingkungan yang kurang baik.  Buku ini menyajikan pengelolaan lingkungan pertambangan disertai beberapa contoh perusahaan-perusahaan tambang yang telah melaksanakan praktik pertambangan yang baik dan ramah lingkungan yang bersifat spesifik serta tergantung kepada karakteristik dan kondisi daerah dimana perusahaan tersebut beroperasi, yang menyajikan tentang: 


1. Konfrontasi tambang dan lingkungan

a. Menghidupi pinggiran

b. Tambang juga bisa ramah lingkungan

c. Salah kaprah lubang tambang

d. Terang dunia berkat tambang

e. Sexy killer, kampanye peduli lingkungan atau suburkan ketakutan

2. Dasar hukum dan regulasi

a. Dipagari aturan berlapis

3. Best pratices

a. Menata batuan penutup

Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202