Arsip Berita



Sosialisasi Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti dan Bimbingan Teknis E-Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral menyelenggarakan rangkaian Sosialisasi Petunjuk Teknis Peneliti dan Bimbingan Teknis E-Peneliti di Jakarta (3/02) dan di Bandung (21/1).  Acara di Jakarta diikuti peneliti PPPTMGB “LEMIGAS” dan P3TKEBTKE sedangkan sosialisasi di Bandung diikuti peneliti Puslitbang Tekmira.

Pertemuan ini bertujuan memberikan informasi dan konsultasi tentang implementasi Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 20 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti, yang menjadi petunjuk teknis yang terbaru bagi peneliti.

Peraturan ini mengatur beberapa penyesuaian terkait pengangkatan, kepakaran, butir kegiatan, uji kompetensi, konversi angka kredit, peralihan serta penjelasan lainnya.

Beberapa hal penting yang perlu dicermati peneliti di antaranya para peneliti harus memenuhi persyaratan minimum penilaian angka kredit (PAK) tahunan bagi semua jenjang yang telah ditetapkan LIPI. Setiap peneliti juga harus menyusun Sasaran Kinerja Pegawai (SKP yang akan dilaksanakan dalam 1 (satu) tahun berjalan.berdasarkan penetapan kinerja unit kerja yang bersangkutan. LIPI juga mensyaratkan kualifikasi pendidikan formal peneliti pertama minimal meraih gelar magister (S2).

Peneliti yang akan mengajukan kenaikan pangkat dan jabatan, mereka juga harus memenuhi syarat standar kompetensi dan HKM (Hasil Kerja Minimal). Hasil Kerja Minimal setiap periode (4 tahun) wajib dipenuhi selama pegawai menduduki jenjang Jabatan Fungsional Peneliti. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) periode peneliti belum memenuhi HKM yang disyaratkan, maka dapat diberikan tambahan waktu 1 (satu) periode dengan ketentuan bahwa volume HKM diperhitungkan sejumlah 2 (dua) periode.

LIPI telah merilis satu paket sistem informasi dengan nama E-peneliti sejak 2016, untuk menyempurnakan sistem penilaian dan penetapan angka kredit peneliti. E-peneliti bertujuan mendukung penyelenggaraan penilaian dan penetapan angka kredit peneliti dalam proses penginputan data peneliti, penyiapan bahan penelitian, hingga penetapan angka kredit.

Sistem informasi ini dibangun berbasis web sehingga proses pengajuan dapat dilakukan secara online dan tertintegrasi. Perbedaannya dengan sistem sebelumnya (peneliti online), dalam sistem e-peneliti semua dokumen pengajuan dan pendukung serta proses penilaiannya terekam secara digital.

Mulai tahun 2020 peneliti wajib menggunakan e-peneliti (baru) ketika mengajukan kenaikan angka kredit. Para peneliti dapat mempelajari penggunaan aplikasi ini melalui Panduan Pengajuan, yang dapat diakses di situs web dengan alamat www.epeneliti.lipi.go.id.

Hak Cipta © 2017 Badan Litbang ESDM
Badan Litbang ESDM
Jl.Ciledug Raya Kav.109 - Cipulir Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12230 Indonesia
Telp. +62 (021) 72798311 Fax. +62 (021) 72798202